Personality UMKM adalah karakteristik bagi sebuah brand dan dapat meningkatkan nilai jual dari brand itu sendiri. Konsumen akan merasa lebih mudah dekat dan lebih mengenal baik sebuah brand, jika sejak awal brand tersebut memang sudah menemukan target yang tepat. Hal itu akan mempengaruhi nilai-nilai di dalam sebuah bisnis.

Organisasi harus dibangun dengan sistem manajemen yang baik sejak awalnya, yang direncanakan tidak saja untuk menjawab tantangan organisasi saat ini tetapi juga sudah mempertimbangkan tantangan organisasi di tahun-tahun mendatang.

Proses perencanaan dan penyusunan strategi untuk menjalankan bisnis secara efektif dan efisien dengan tujuan memberikan panduan dan arah bagi pemilik bisnis, serta membantu dalam menarik investasi dan pendanaan dari pihak-pihak terkait. Proses pembuatan rencana usaha melibatkan analisis pasar dan persaingan, strategi pemasaran, rancangan operasional, struktur organisasi, proyeksi keuangan, dan risiko bisnis.

Analisa jabatan, proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tugas-tugas, tanggung jawab, dan kualifikasi yang dibutuhkan dalam suatu jabatan atau posisi dalam organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan karyawan yang mengisi jabatan tersebut memiliki kualifikasi, kemampuan, dan kompetensi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diharapkan, menentukan struktur gaji yang sesuai. 

Standard Form Laporan Keuangan, format standar pelaporan keuangan yang terdiri dari tiga laporan keuangan utama (laba rugi, neraca, dan arus kas) yang menggambarkan kondisi keuangan dan kinerja perusahaan selama periode tertentu. Laporan keuangan dalam format standar ini bertujuan untuk memberikan informasi keuangan yang relevan, akurat, dan dapat dipercaya bagi para pengguna laporan keuangan.

izin usaha mikro dan kecil yang selanjutnya disingkat dengan IUMK adalah tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk satu lembar. Untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam mengembangkan usahanya.

Teknis Produksi adalah laporan proses dalam pembuatan karya audio visual yang didalamnya mencakup proses pra produksi, produksi dan pasca produksi karya. Laporan ini diperuntukkan sebagai bukti bahwa dalam sebuah karya terdapat proses penciptaan, persiapan dan pembuatan karya.

Modul Pembelajaran Manajemen dan Keuangan UMKM. Pencatatan keuangan sangat penting bagi usaha apapun, namun pelaku UMKM yang masih didominasi usaha mikro dan kecil seringkali mengabaikan hal ini. Padahal menjadi esensial untuk mencatat segala pemasukan dan pengeluaran bisnis setiap harinya agar dapat terkontrol dengan baik.

Pemasaran UMKM adalah proses mempromosikan dan menjual produk atau jasa UMKM untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Ini meliputi strategi seperti mengidentifikasi target pasar, menentukan harga yang tepat, memilih saluran distribusi yang efektif, serta membangun merek dan citra produk yang kuat. Pemasaran UMKM juga melibatkan promosi dan branding melalui media sosial dan pemasaran online. Pemasaran yang efektif dapat membantu UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan.

Untuk menyajikan kinerja bisnis UMKM, Anda perlu memahami tujuan presentasi, mengumpulkan data dan informasi terkait, merangkum data menjadi presentasi yang jelas dan mudah dipahami, menekankan pencapaian terbaik dan proyeksi ke depan yang positif, menggunakan visual yang menarik, dan berlatih presentasi sebelumnya untuk memastikan kenyamanan dan kepercayaan diri saat menyampaikan materi.